Saturday 12 December 2015

TAUBATNYA ORANG YANG MURTAD

Hasil gambar untuk berdoa

Di tulis Oleh Al Ustadz Abu Utsman Kharisman
Pertanyaan ke-2 pada fatwa no 18146 (al-Lajnah ad-Daaimah) :
Pertanyaan: Jika seorang muslim membatalkan keislamannya, dan setelah waktu yang tidak lama ia memohon ampunan kepada Rabb-nya. Apakah dalam kondisi semacam ini ia memperbaharui taubatnya dan mengucapkan 2 kalimat syahadat?

Jawaban:
Taubatnya orang yang murtad tergantung keadaannya. Jika ia melakukan hal yang diharamkan yang membuat dia menjadi murtad, maka ia harus meninggalkan (hal yang diharamkan itu) diiringi perasaan menyesal atas apa yang terjadi di masa lalu, serta bertekad kuat dengan jujur untuk tidak mengulanginya. Jika ia meninggalkan hal yang wajib dikerjakan, maka (taubatnya adalah) dengan mengerjakan kewajiban itu diiringi perasaan menyesal atas apa yang telah terjadi di masa lalu, serta bertekad kuat dengan jujur untuk tidak mengulanginya. Jika (murtadnya) adalah karena ucapan tertentu, maka taubatnya adalah dengan meninggalkan (ucapan) itu diiringi penyesalan atas apa yang lalu dan bertekad kuat dengan jujur untuk tidak mengulanginya.

Seseorang yang meninggalkan sholat, taubatnya adalah dengan mengerjakan sholat diikuti penyesalan atas sikap ia meninggalkannya di masa lalu dan tekad kuat yang jujur untuk tidak mengulangi (perbuatan meninggalkan sholat itu). Sedangkan orang yang menganggap halal suatu perbuatan haram yang telah disepakati keharamannya dan telah dipahami dalam Dien secara dharuri (sangat masyhur diketahui oleh orang awam, tanpa butuh melihat pada dalil, pent) taubatnya adalah dengan meyakini keharamannya dengan menyesali apa yang telah lalu dan tekad yang jujur untuk tidak mengulanginya.

Taubatnya orang yang berdoa kepada selain Allah seperti berdoa (meminta) kepada orang yang telah meninggal atau yang lainnya adalah dengan meninggalkan perbuatan itu dan mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah, diiringi perasaan menyesal atas apa yang telah lalu dan tekad yang jujur untuk tidak akan mengulanginya.

Wabillaahit Taufiq wa shollallaahu alaa Nabiyyinaa Muhammad wa Aalihi wa shohbihi wa sallam
Al-Lajnah ad-Daaimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Iftaa’
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Wakil : Abdul Aziz Aalusy Syaikh
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan
Anggota: Sholih al-Fauzan
Anggota: Bakr Abu Zaid

Teks Asli:
السؤال الثاني من الفتوى رقم ( 18146 )
س 2 : إذا نقض المسلم إسلامه ، وبعد مدة قليلة استغفر ربه . فهل في هذه الحالة يشترط عليه أن يجدد توبته ويقول الشهادتين ؟
ج 2 : توبة المرتد على حسب حاله ، فإن كان بفعل شيء محرم يوجب الردة ، فبتركه مع الندم على ما مضى منه ، والعزم الصادق أن لا يعود فيه ، وإن كان بترك شيء واجب فبفعله مع الندم على ما مضى ، والعزم الصادق أن لا يعود فيه ، وإن كان بقول شيء ، فتوبته بترك ذلك مع الندم على ما مضى منه ، والعزم الصادق أن لا يعود فيه . فتارك الصلاة توبته بفعلها مع الندم على ما مضى منه ، والعزم الصادق أن لا يعود فيه ، والمستبيح لفعل المحرمات المجمع على تحريمها ، والمعلوم من الدين بالضرورة ، توبته باعتقاد تحريمها ، مع الندم على ما مضى منه ، والعزم الصادق أن لا يعود فيه ، وتوبة من يدعو غير الله من الأموات وغيرهم يكون بترك ذلك وإخلاص العبادة لله تعالى ، مع الندم على ما مضى منه والعزم الصادق أن لا يعود فيه .
وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم .
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو … عضو … عضو … نائب الرئيس … الرئيس
بكر أبو زيد … صالح الفوزان … عبد الله بن غديان … عبد العزيز آل الشيخ … عبد العزيز بن عبد الله بن باز

Sumber: baca disini

No comments:

Post a Comment