Saturday, 8 January 2011

Ekstrakurikuler SD AL MUJAHIDIN

Kegiatan pengembangan diri berupa pelayanan konseling dan kegiatan Ekstrakurikuler dapat dibina oleh konselor, guru dan atau tenaga kependidikan lain sesuai dengan kemampuan dan kewenangnya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan Ekstrakurikuler dapat mengembangkan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah.
       

Kegiatan Ekstrakurikuler SD Islam Al Mujahidin :

  1. Pramuka, yang diselenggarakan pada sore hari diluar jam pelajaran.
  2. Olah Raga, yang dilaksanakan baik secara implisit pada saat pembelajaran maupun  diluar jam pelajaran bagi siswa yang berbakat dibidang olahraga.
  3. Seni Islami, yang meliputi seni baca Al Qur’an (MURI-Q), seni kaligrafi dan seni Khitobah khusus bagi siswa yang berbakat.

Adapun kegiatan pengembangan diri anak didik sebagai berikut :

  1. Hafalan surat-surat pilihan  / ayat pilihan (saat masuk kelas) bertujuan membiasakan siswa selalu memulai membaca ayat suci Al Quran setiap akan memulai kegiatan
  2. Sholat Dhuhur berjamaah, bertujuan untuk membiasakan siswa selalu mengerjakan sholat berjamaah.
  3. Senam pagi, bertujuan untuk menjaga ketahanan dan kebugaran tubuh siswa, serta membiasakan diri untuk taat pada aturan bersama.
  4. Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti:   berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain, datang tepat waktu.

Kegiatan SD AL MUJAHIDIN CILACAP

Outbound merupakan kegiatan di alam terbuka yang bertujuan memacu semangat belajar dan motivasi pengembangan diri. Selain itu, outbond dapat menjadi sarana penambah wawasan pengetahuan anak didik yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitasnya. Banyak sekali manfaat outbond, berawal dari usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi anak didik.

SD Islam Al Mujahidin telah mengadakan outbond ke Munjuluhur Purbalingga dan Taman Sari Rasa, Sampang pada akhir tahun 2011. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas I sampai dengan kelas VI serta guru dan karyawan SD Islam Al Mujahidin.



Outdoor study, bertujuan siswa belajar langsung pada obyek yang dipelajari sehngga dapat mengurangi verbalisme. Proses pembelajaran untuk siswa diupayakan menyenangkan, supaya siswa betah mengikuti proses belajar. Suasana pembelajaran perlu diciptakan agar tidak ada penekanan psikologis bagi kedua belah pihak, guru dan siswa. Outdoor study atau pembelajaran di luar kelas  merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran, terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar monoton / hanya dalam kelas.

"Pendekatan pembelajaran di luar kelas (outdoor study) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan suasana di luar kelas sebagai situasi pembelajaran berbagai permainan sebagai mendia transformasi konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran."
(Irawan, A. Dalam Ginting; 2005:37).

Kegiatan Outdoor Study yang pernah dilaksanakan oleh siswa SD Islam Al Mujahidin antara lain :

  1. Di Kolam Renang Griya Kanguru Gumilir, Cilacap Utara. Sebagai ajang latihan dan pengembangan kemampuan renang anak didik.
  2. BMT Al Mujahidin Gumilir, Cilacap Utara, pengenalan transaksi finansial kepada anak didik.
  3. Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Cilacap. Pengenalan berbagai sumber referensi bagi anak didik.





Gambar proses kegiatan belajar anak di latih agar berani maju kedepan untuk melakukan presentasi di depan untuk menceritakan pegalaman yang paling disenanginya


Gambar siswa sedang melakukan kegiatan belajar


Kegiatan beribadah

Kegiatan ini diperuntukan untuk melatih anak agar selalu tertib dalam melakukan ibadah sholat baik sholat sunah maupun sholat wajib.


Kegiatan ini dipergunakan untuk bagaimana berwudu yang baik dan benar menurut tuntunan ajaran islam
sebelum melakukan ibadah sholat baik sholat sunah maupun sholat wajib

Kegiatan ekstrakurikuler di SD ISLAM AL MUJAHIDIN

Kegiatan ekstrakurikuler olahraga senam


Friday, 7 January 2011

Para Pengurus Yayasan Al Mujahidin

Susunan Pengurus Yayasan Al Mujahidin
  1. Ketua Yayasan Ustadz Abdul Wahid
  2. Sekretaris Yayasan Ustadz Nasirun
  3. Bendahara Yayasan Ustadz Juhartono
  4. Pembina / Penasehat Yayasan Ustadz Siwan Hasan As'ari
  5. Humas Bpk Taswin
  6. Pembina Syariah Ustadz Kholid Basalamah
  7. Pembina Ekonomi Syariah Ustadz Habib Ghozali

Thursday, 6 January 2011

Para Pengajar Lulusan

Para pengajarnya Lulusan dari Uiversitas, Pesanteren dan dari Lipia antara lain :
  1. Alumnus LIPIA
  2. Para Sarjana Agama / Ekonomi Syari'ah
  3. Para Alumnus Pesanteren Kebarongan dan pesanteren lain
  4. Lulusan Universitas luar dan dalam negeri
  5. Profesionalis

Materi Pendidikan

Dalam mempersiapkan kader Da'i yang profesional dan berwawasan Yayasan Islam Al Mujahidin telah menyiapkan materi materi pendidikan yang mendasar dan urgen karena berkaitan secara berlangsung dalam amaliah sehari-hari yaitu :
  1. Hafalan al quran
  2. hafalan hadist
  3. Tauhid
  4. Tafsir
  5. Fikih Aplikatif
  6. Fikih Dak ' wah
  7. Ekonomi Syari'ah
  8. Praktikal
pelajaran bahasa :
  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Inggris

Tujuan Yayasan Al Mujahidin

Yayasan al mujahidin bertujuan untuk menciptakan generasi-genersi muda yang mempunyai akhlaq yang Islami dan mempunyai pengetahuan agama islam yang baik yang bertauhid yang sesuai dengan ajaran agama islam yang benar yang sesuai dengan assunah waljama'ah. yayasan yang telah berdiri sejak tahun 1980 an sekarang sedang yang berencana akan mendirikan pondok pesantren yang sekarang dalam proses. yayasan al mujahidin sekarang ini telah memiliki lembaga di bidang pendidikan, Sosial dan ekonomi yaitu
di bidang pendidikan telah didirikan Play Group, TK, TPA, TPQ dan SD sedangkan dalam bidang ekonomi telah didirikan sebuah lembaga keuangan yaitu BMT (Baitul maal wattamwil) dan Lazwa yaitu lembaga yang khusus mengurusi dan mengelola Zakat, Sodaqoh, Zakat  Mall, dan Wakaf.
ini lah sekilas tentang Yayasan Al Mujahidin.